Soal SKB Kemenkumham – Contoh Soal, Pembahasan, dan Jawabannya

Tes SKB CPNS Kemenkumham Pengamatan Fisik Pengukuran Tinggi Badan Peserta

Disini dibahas soal, pembahasan, dan jawaban tes CPNS / ASN tentang contoh Soal SKB Kemenkumham / Soal Seleksi kemampuan Bidang Kementerian Hukum dan Asasi Manusia (HAM).

Tes SKB CPNS Kemenkumham Pengamatan Fisik Pengukuran Tinggi Badan Peserta
Tes SKB CPNS Kemenkumham Pengamatan Fisik Pengukuran Tinggi Badan Peserta

Halo, selamat bagi kalian yang lolos ke tahap Seleksi kemampuan Bidang (SKB) Kemenkumham 🙂 Kalian hebat bisa mengalahkan pelamar CPNS Kemenkumham lain di tahap Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Namun, apakah kalian sudah siap menghadapi SKB Kemenkumham?

Apa itu Kemenkumham?

Menurut Wikipedia, Kemenkumham RI merupakan singkatan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Kementerian ini beralamat di Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Jalan HR Rasuna Said Kavling 6-7, Kuningan, Jakarta Selatan (lihat google map). Untuk alamat website resmi nya ada disini.

Apa saja Formasi CPNS / ASN Kemenkumham?

Untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) / Aparatur Sipil negara (ASN) Kemenkumham setiap tahun berbeda, baik dari jenis nya, juga kouta / jumlah formasi. Namun, umum nya setiap tahun kurang lebih formasi atau jabatan yang dibuka sama. Pasti nya dengan beragam kualifikasi / persyaratan pelamar, baik dari hal dokumen yang perlu disiapkan, tahapan tes, dan latar belakang pendidikan. Latar belakang pendidikan mulai dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Diploma 3 (D3), Diploma 4 (D4), Sarjana (S1), Profesi, Magister / Pascasarjana (S2), dan Doktoral (S3).

Beberapa formasi CPNS / ASN Kemenkumham antara lain :

  • Formasi Pengelola Bantuan Hukum
  • Formasi Pranata Komputer
  • Formasi Pembimbing Kemasyarakatan
  • Formasi Pengelola Barang Milik Negara
  • Formasi Auditor
  • Formasi Penjaga Tahanan
  • Formasi Keimigrasian
  • Formasi Pengadaan Barang dan Jasa
  • Formasi Analis Hukum
  • Formasi Penata Keuangan
  • Formasi Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa

Contoh Soal SKB CPNS / ASN Kemenkumham?

Oke jadi di bagian ini kita akan latihan soal Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) Kemenkumham. Dengan memahami contoh soal di bawah ini, semoga kamu bisa lulus ujian SKB CPNS Kemenkuham, terus keterima jadi CPNS / ASN Kemenkumham. Amin 🙂

Soal SKB Kemenkumham 1

Pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan Pengantar Ilmu Hukum? Dan apa beda nya dengan Pengantar Hukum Indonesia?

Jawaban dan Pembahasan Soal SKB Kemenkumham 1

Jawaban dan Pembahasan : Yang dimaksud dengan Pengantar Ilmu Hukum adalah seluruh ilmu hukum yang bersifat umum / universal. Sedangkan Pengantar Hukum Indonesia adalah seluruh hukum positif yang berlaku di negara Republik Indonesia.

Bagi mereka yang tidak berlatar belakang pendidikan hukum, pasti bingung dengan istilah “hukum positif”. Jadi, hukum positif adalah hukum yang berlaku di Indonesia saat ini / sekarang. Yuk lanjut ke soal selanjutnya 🙂

Soal SKB Kemenkumham 2

Pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan sumber hukum materiil dan sumber hukum formil?

Jawaban dan Pembahasan Soal SKB Kemenkumham 2

Jawaban dan Pembahasan : Sumber hukum materiil adalah tempat dimana materi sebuah hukum diambil atau faktor yang membantu pembentukan hukum. Sedangkan, sumber hukum formil adalah tempat dimana suatu peraturan memperoleh kekuatan hukum.

Dari soal SKB Kemenkumham diatas kita jadi tahu bahwa sumber hukum materiil membicarakan darimana asal materi suatu hukum, sedangkan sumber hukum formil membicarakan darimana asal kekuatan suatu peraturan. Contoh sumber hukum materiil adalah hubungan sosial, budaya, ekonomi. Untuk sumber hukum formil contoh nya adalah : undang – undang.

Soal SKB Kemenkumham 3

Pertanyaan : Apa fungsi dari hukum?

Jawaban dan Pembahasan Soal SKB Kemenkumham 3

Jawaban dan Pembahasan : Hukum berfungsi membagi hak dan kewajiban antara satu orang dengan orang yang lain dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu, fungsi hukum lainnya adalah untuk membagi wewenang dang mengatur langkah pemecahan masalah hukum.

Secara garis besar, hukum mengatur hak dan kewajiban. Hal ini penting agar tidak ada pihak yang semena – mena atau menindas pihak lain. Hukum juga berfungsi dalam penyelesaian masalah hukum.

Soal Seleksi Kemampuan Bidang Kemenkumham 4

Pertanyaan : Apa tujuan dari hukum?

Jawaban dan Pembahasan Soal Seleksi Kemampuan Bidang Kemenkumham 4

Jawaban dan Pembahasan : Hukum bertujuan menciptakan kehidupan bermasyarakat yang adil dan tertib, sehingga tercapainya keadilan. Hukum juga melindungi kepentingan manusia.

Coba bayangkan jika tidak ada peraturan yang melarang pengendara melawan arah saat berkendara? wah pasti kacau ya lalu lintas. Kamu bisa saja telat ke kantor atau malah kecelakaan. Hal ini lah yang bisa dibilang sebagai tujuan hukum untuk melindungi kepentingan orang banyak.

Soal Seleksi Kemampuan Bidang Kemenkumham 5

Pertanyaan : Siapa saja yang tergolong sebagai subjek hukum?

Jawaban dan Pembahasan Soal Seleksi Kemampuan Bidang Kemenkumham 5

Jawaban dan Pembahasan : Subjek hukum ada 2 yaitu manusia dan badan hukum.

Sebelumnya kita harus tahu juga nih tentang apa sih yang dimaksud dengan subjek hukum? Subjek hukum dapat diartikan seseorang atau sesuatu yang mengemban hak dan kewajiban. Badan hukum disini juga termasuk Perseroan Terbatas (PT), yayasan (nirlaba), ataupun komersial.

Soal Seleksi Kemampuan Bidang Kemenkumham 6

Pertanyaan : Apa saja yang termasuk sumber hukum materiil?

Jawaban dan Pembahasan Soal Seleksi Kemampuan Bidang Kemenkumham 6

Jawaban dan Pembahasan : Sumber hukum materiil contoh nya hubungan sosial, budaya, ekonomi, tradisi, politik.

Di soal sebelumnya sempat kita singgung tentang sumber hukum materiil, masihkah kamu ingat? Inti nya adalah tempat asal sebuah hukum diambil. Bisa ditemukan pada praktik sebuah hukum diambil materi nya dari kitab suci agama tertentu.

Soal SKB Kementerian Hukum dan HAM 7

Pertanyaan : Apa saja yang termasuk sumber hukum formil?

Jawaban dan Pembahasan Soal SKB Kementerian Hukum dan HAM 7

Jawaban dan Pembahasan : Sumber hukum formil contoh nya undang – undang, traktat, kebiasaan, doktrin.

Sama nih, hukum formil sudah pernah dibahas di soal sebelumnya. Yang harus kamu ingat adalah hukum formil tempat asal sebuah peraturan mendapatkan kekuatan hukum. Peraturan tentang kenaikan tarif BPJS Kesehatan mendapatkan kekuatan hukum karena dipayungi oleh Peraturan Presiden (Perpres).

Soal SKB Kementerian Hukum dan HAM 8

Pertanyaan : Apa yang menjadi objek hukum?

Jawaban dan Pembahasan Soal SKB Kementerian Hukum dan HAM 8

Jawaban dan Pembahasan : Objek hukum adalah benda / barang. Contoh objek hukum adalah harta benda.

Jadi jika ada pasangan suami istri bercerai lalu memperebutkan harta gono – gini, maka bisa dibilang objek hukum nya adalah rumah, mobil, tanah. Bisa kamu sebutkan contoh yang lain?

Soal SKB Kementerian Hukum dan HAM 9

Pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan perbuatan hukum?

Jawaban dan Pembahasan Soal SKB Kementerian Hukum dan HAM 9

Jawaban dan Pembahasan : Perbuatan hukum adalah suatu perbuatan yang memiliki akibat hukum.

Contoh nya : menjual narkoba memiliki akibat hukum dipenjara. Mengonsumsi zat terlarang memiliki akibat hukum dipenjara atau direhabilitasi. Membunuh orang lain akan dijatuhi hukuman penjara. Bisa kamu bayangkan contoh lainnya.

Soal SKB Kementerian Hukum dan HAM 10

Pertanyaan : Apa bentuk perbuatan hukum?

Jawaban dan Pembahasan Soal SKB Kementerian Hukum dan HAM 10

Jawaban dan Pembahasan : Perbuatan hukum bisa memiliki 2 bentuk. Pertama, perbuatan hukum yang akibat hukum nya dikehendaki oleh satu pihak saja. Kedua, perbuatan hukum yang akibat hukum nya ditimbulkan oleh kedua pihak.

Contoh perbuatan hukum yang dikehendaki oleh satu pihak saja contoh nya wasiat, hibah. Dimana perbuatan hukum nya sesuai kehendak pemberi nya.

Sedangkan untuk perbuatan hukum yang akibat nya ditimbulkan oleh kedua pihak contoh nya dalam jual – beli. Jadi penjual dan pembeli sama – sama berperan dalam terciptanya akibat hukum. Bila produk yang dijual tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan penjual terhadap pembeli, maka bisa diminta ganti rugi atau tukar barang sesuai kesepakatan awal yang telah disepakati bersama saat transaksi jual – beli.

Bagaimana, apakah kamu sudah mendapatkan gambaran tentang soal SKB Kemenkumham? Semoga contoh soal SKB Kemenkumham diatas bisa membantu kamu nih dalam menghadapi SKB CPNS Kemenkumham. Ini adalah video menarik yang mungkin bisa membantu kamu, selamat menonton 🙂 Tonton “SKB Wawancara, Pengamatan Fisik, dan Keterampilan – Penerimaan CPNS 2018 | Kanwil Kemenkumham Sumsel” di YouTube

SKB Wawancara, Pengamatan Fisik, dan Keterampilan – Penerimaan CPNS 2018 | Kanwil Kemenkumham Sumsel

Lihat soal tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) / Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya dari bahassoalcpns.com dengan cara klik disini. Jika kamu butuh latihan soal CPNS Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) lainnya silahkan Whatsapp Chat Admin di 08568669003 – Jual Beli Latihan Soal CPNS / ASN SKD SKB. Dengan berlatih contoh soal SKB Kemenkumham, niscaya kamu lolos ya jadi CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tahun ini. Amin 🙂